Advertisement

Responsive Advertisement

Melakukan Instalasi Sotware


Software merupakan perangkat yang berisi instruksi atau perintah - perintah yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan fungsi sesuai dengan instruksi tersebut.


MACAM - MACAM PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem. Berkat adanya hak cipta dan pengembangan suatu produk, saat ini berkembang beragam jenis perangkat lunak, misalnya perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain publik, shareware, freeware, rentalware, free software dan open source.

Perangkat lunak aplikasi - Contoh perangkat lunak aplikasi yang paling banyak dikenal adalah Microsoft Office yang meliputi program aplikasi Word, Excel, Power Point dan aplikasi lain. Perangkat lunak aplikasi biasa digunakan untuk membantu menyelesaikan beragam tugas, misalnya surat - menyurat, membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan atau merancang desain suatu bangunan.

1. Perangkat lunak kategori bisnis adalah perangkat lunak untuk keperluan pengolahan kata, spreadsheet, basis data, presentasi grafis, akuntansi, Personal Information Manager dan Manajemen Proyek
2. Perangkat lunak kategori multimedia dan grafis adalah CAD (Computer Aided Desaign), perangkat lunak untuk menetukan tata etak atau desain lay out pada percetakan, penyuntingan gambar, penyuntingan foto, penyuntingan audio dan video dan pembuatan web.

Perangkat Lunak Sistem - Perangkat lunak sistem berguna untuk mengontrol berbagai sumber daya yang ada pada peralatan yang digunakan pada komputer, yaitu CPU (Central Processing Unit, peralatan input dan peralatan output. Jadi perangkat lunak sistem berfungsi sebagai jembatan penghubung antara program aplikasi yang digunakan dengan elemen - elemen perangkat keras (sumber daya komputer) yang siap pakai. Contoh perangkat lunak sistem diantaranya adalah sistem operasi Windows dan Linux.

Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi (OS; Operating System) merupakan bagian yang sangat penting karena tanpa adanya OS yang terinstal, maka perangkat keras komputer tidak dapat berfungsi. OS merupakan jembatan atau penghubung yang digunakan untuk melakukan komunikasi atau hubungan antara peralatan yang digunakan dan manusia. Tugas OS adalah menerjemahkan bahasa yang digunakan oleh manusia. yaitu bahasa pemrograman (high level language), ke bahasa yang dimengerti oleh perangkat keras (mesin). Contoh perangkat lunak OS diantaranya adalah DOS (Disk Operating System), Ms Windows, Mac OS X, Unix, Linux dan Google Chrome OS.

Persiapan Instalasi Perangkat Lunak
Beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk instalasi perangkat lunak adalah jenis perangkat lunak yang akan digunakan serta spesifikasi dan kondisi perangkat keras yang akan digunakan. Perangkat keras tersebut harus mendukung fasilitas OS dan perangkat lunak yang akan diinstal.
Misalnya, Anda akan melakukan instalasi perangkat lunak Microsoft Windows XP dan Microsoft Office 2007. Maka, persyaratan konfigurasi minimum perangkat keras yang kamu gunakan adalah processor Pentium II, Memori RAM 128 MB, Harddisk 2 GB dan resolusi video display high color 800 x 600.



Posting Komentar

0 Komentar