INTERNET
MARKETING
“Langkah Cepat
& Tepat Strategi Internet Marketing
Produk Bisnis”
Apa itu Internet Marketing?
Internet marketing terdiri dari 2 (dua) kat a, Internet yaitu
International Networking (Jaringan yang luas) dan Marketing berarti pemasaran. Internet Marketing merupakan jenis
strategi pemasaran masa kini, yaitu strategi pemasaran yang dilakukan secara
Online atau menggunakan jaringan internet melalui berbagai media atau platform
berbasis online.
Contoh platform yang sering dipakai antara lain :
-
Portal/Blog,
-
Website,
-
Email,
-
Mesin pencari (SEO), dan
-
Media sosial.
Internet marketing di sebut juga sebagai
online marketing. Mengapa? Karena hampir semua proses pemasaran produk/jasa
dilakukan melalui media Internet/Online. Pada prinsipnya sama dengan pemasaran
konvensional, namun dengan fasilitas Internet pemasaran akan lebih mudah menarget
calon konsumen/pembeli.
Apa Tujuan Internet Marketing?
Capaian dari internet marketing tentu mendapatkan konsumen :
-
Jangkauan konsumen / calon pembeli lebih luas
-
Jumlah konsumen semakin bertambah
-
Konsumen tertarget
Melalui jaringan internet, kita dapat terhubung dengan berbagai sumber
dan konsumen yang jauh lebih luas. Bahkan tidak terbatas hanya di suatu daerah
saja, namun pengunjung mudah mendapatkan informasi produk/jasa dimana saja dan
kapan saja.
Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya,
terlebih lagi teringat dengan masa pandemi beberapa waktu lalu. Banyak
masyarakat yang mulai memanfaatkan teknologi informasi melalui platform jual
beli online untuk mendapatkan suatu produk/jasa.
Dengan melakukan promosi, maka konsumen akan semakin aware dan lebih tertarik untuk menggunakan produk anda. Semakin banyak konsumen yang datang, maka trafik pengunjung dari website atau platform anda akan semakin baik. Selain itu, anda juga dapat memberikan berbagai informasi menarik dan terbaru melalui sebuah blog dalam bentuk tulisan artikel.
Strategi Internet Marketing untuk Produk Bisnis
Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari internet marketing,
berikutnya masuk pada pembahasan mengenai strategi internet marketing untuk
menunjang kebutuhan bisnis anda.
1. Membuat Halaman Bisnis Online / Website
Banyak sekali tutorial maupun pelatihan untuk
membantu anda dalam membuat dan mengembangkan sebuah website. Tujuan dari
pembuatan website sendiri adalah sebagai platform untuk memperkenalkan berbagai
jenis layanan dan informasi seputar bisnis dan perusahaan anda.
Biasanya sering disebut dengan website company profil. Jika anda tidak memiliki keahlian di bidang
pemrograman, maka anda dapat menyerahkan tugas pembuatan website pada seorang
programmer maupun perusahaan di bidang software house untuk membantu proyek anda.
Tidak semua website diciptakan melalui
pengembangan website secara manual, namun bagi anda yang tidak memiliki basic coding, anda dapat mencoba untuk menggunakan WordPress. Penggunaan WordPress dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.
Dengan menggunakan bantuan WordPress anda tidak perlu mengetahui bahasa
pemrograman secara detail, namun anda akan memilih beberapa fitur penting
seperti plugin untuk membantu proses pembuatan website.
2. Meningkatkan trafik dengan bantuan SEO
Contoh internet marketing yang selanjutnya
adalah SEO (Search Engine Optimization). Pekerjaan ini termasuk dalam
strategi yang saat ini cukup populer dan sedang naik daun. Dimana, tujuan utama
dari SEO adalah meningkatkan trafik perusahaan, serta melakukan optimasi, baik
secara teknis maupun non – teknis.
Sehingga, halaman situs bisnis anda dapat
masuk pada halaman pertama Google. Ada banyak sekali optimasi yang dapat
dilakukan dengan menggunakan prinsip SEO. Mulai dari On Page, Off Page. Serta
melakukan riset keyword (kata kunci) untuk membantu anda dalam menarget produk
dengan kondisi pasar yang ada.
3. Optimasi pada social media marketing
Banyak cara untuk meningkatkan brand produk
yang anda miliki. Salah satu contoh internet marketing yang dapat anda gunakan
adalah dengan mengaitkan akun anda pada berbagai media sosial yang ada.
Pemasaran dengan menggunakan bantuan social
media marketing terbukti cukup efektif. Di dalam media sosial sendiri, anda
dapat membuat berbagai media promosi untuk memperkenalkan produk brand anda.
Contoh media sosial yang paling banyak
digunakan saat ini adalah Facebook, Twitter dan Instagram. Dimana, pada setiap
platform social media tersebut juga terdapat fitur untuk memperkenalkan produk
melalui iklan berbayar. Sebagai contoh, Facebook Ads, Twitter Ads, dan
Instagram Ads.
0 Komentar