Kegiatan Musyawarah Guru Teknik Jaringan
MGMP Guru Tkj 2018
Dalam rangka peningkatan kompetensi khususnya guru Tkj, sangatlah perlu diadakan kegiatan Mgmp guru tkj. Dalam kesempatan ini, guru-guru Tkj belajar bersama dalam membuat Rpp K13 Revisi 2018. Selain daripada itu sharing juga bagaimana cara membuat soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Perangkat pembelajaran Guru Tkj Silabus dan Rpp. Pembuatan Rpp sebagaimana biasa terdiri dari Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar di sesuaikan model pembelajaran. Kompetensi Inti (KI) dapat diuraikan menjadi Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Dasar dapat diuraikan kembali menjadi IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi). KD diuraikan minimal 2 IPK. IPK diuraikan menjadi Tujuan Pembelajaran, dimana di dalam tujuan pembelajaran dapat dimunculkan Penilaian Sikap yang disesuaikan dengan KD.
Bagaimana menentukan model pembelajaran?
Untuk mengetahui model pembelajaran perlu diketahui terlebih dahulu sintak. Setelah membaca sintak barulah kita dapat menentukan model pembelajaran. Model Pembelajaran bersifat tidak baku, namun dapat dimodifikasi sesuai dengan materi dan sumber yang ada.
Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Budaya literasi telah sebelumnya disampaikan pada sistem pembelajaran. Siswa dianjurkan untuk banyak membaca, membandingkan dan menyimpulkan. Saat ini banyak pengembangan literasi digital dimana kita dapat mencari literasi dari jurnal-jurnal / index secara online. HOTS, merupakan pengembangan dari K13 Revisi 2018 dengan melihat dari sisi wacana. Contoh dalam membuat soal, buatlah soal yang bersifat luas. Mengingat, menganalisis dan mengevaluasi.
0 Komentar