Advertisement

Responsive Advertisement

Teknik Komputer Jaringan



Perkembangan teknologi dan informasi yang kian pesat menjadikan jaringan komputer semakin penting dalam aktifitas sehari - hari, baik dalam bidang industri, maupun bidang pendidikan. Jaringan komputer sangat tergantung pada koneksi jaringan supaya dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika koneksi jaringan komputer terjadi hambatan, maka perlu segera untuk diperbaiki. Oleh karena itu, perlu diadakan setting ulang koneksi jaringan. Dalam melakukan setting ulang koneksi jaringan dibutuhan persiapan yang matang. 

Berikut akan dijelaskan beberapa hal terkait dengan persiapan tersebut :

A. Jenis dan Spesifikasi Hardware Jaringan Komputer

  Jaringan komputer adalah kumpulan sejumlah periferal yang terdiri dari beberapa PC/komputer, Printer, Scanner, LAN Card, HUB, Switch HUB yang saling terintegrasi satu sama lain. Dengan demikian kita dapat melakukan aktivitas tukar - menukar data atau informasi dengan mudah dan dalam waktu yang singkat, cepat dan efisien.
     Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh apabila komputer di buat jaringan. Diantaranya sebagai berikut :

  • Sharing data atau saling berbagi pakai file data dengan komputer lainnya
  • Sharing Hardware atau saling berbagi pakai perangkat keras, seperti contoh Printer, Scanner dan lain sebagainya
  • Menghemat biaya
  • Kinerja sistem dapat dtingkatkan sesuai beban pemakaian komputer.
Persiapan untuk melakukan perbaikan konektivitas jaringan pada komputer client yang bermasalah harus terlebih dahulu mengetahu peralatan - peralatan yang akan digunakan dan dibutuhkan dalam jaringan tersebut.

Perangkat utama jaringan memiliki peran yang sangat penting dalam suatu jaringan komputer. Apabila salah satu perangkat utama tidak ada, maka suatu jaringan tidak akan dapat kita gunakan untuk berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Perangkat utama jaringan komputer diantaranya adalah : 
  1. Kartu jaringan (LAN Card)
  2. Kabel jaringan
  3. Konektor.
B. Persiapan perbaikan konektivitas pada jaringan dengan topologi Bus

Selain peralatan dalam proses perbaikan konektivitas, kita juga harus mengetahui jenis topologi jaringan yang digunakan oelh komputer client tersebut. Hal ini dilakukan agar dalam proses persiapan dan proses perbaikan tidak menggunakan sistem trial and error yang berarti kita hanya mencoba - coba saja tanpa mengetahui permasalahan yang dihadapi sebenarnya.


Posting Komentar

0 Komentar