Advertisement

Responsive Advertisement

Bekerja dengan Corel Draw X7

LKP METRO – Corel Draw merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang populer. Dengan menguasai program aplikasi ini, kita dapat mengekpresikan sebuah ide ke dalam sebuah objek digital. Apalagi dalam hal promosi atau publikasi sebuah produk. Aplikasi ini mampu memberikan daya kreatifitas tinggi dari mulai membuat sampai dengan memodifikasi.

Media promosi Spanduk, Banner, Pamflet, Kartu nama, ID Card dan masih banyak lagi. Merupakan beberapa contoh media yang sebagian besar banyak orang mendesain menggunakan aplikasi Corel Draw.

Corel Draw versi X7 atau lebih mudahnya adalah Corel Draw versi 17. Merupakan versi terkini. Dengan beberapa tambahan pada beberapa tool dan fungsi – fungsi yang lain, versi ini dapat membuat sebuah desain tampak nyata. Namun, ada juga fungsi yang terkadang ditinggalkan atau terlupa sehingga menganggap bekerja dengan Corel Draw X7 masih sulit. Apa itu? Jawabannya adalah “Mouse”. Bekerja dengan Corel Draw X7 akan sangat mudah dan lebih user friendly manakala kita memanfaatkan fungsi “Mouse”.

Pada Mouse terdapat 4 fungsi, yaitu : Klik kiri, klik kanan, scroll dan klik scroll. Berikut akan dijelaskan manfaat dari masing – masing fungsi.

1.    Klik kiri, di samping dapat berfungsi untuk menseleksi objek, dengan klik kiri kita juga dapat menggeser objek, atau mendrag objek baik pada lembar kerja saja sampai dengan area kerja. Lembar kerja yaitu suatu tampilan yang dibatasi dengan ukuran lembar kertas yang sering digunakan. Baik ukuran A4, Letter, Legal ataupun custom size.
2.    Klik kanan, bekerja dengan Corel Draw X7 menggunakan klik kanan juga membantu kita untuk menemukan pilihan efek lain yang akan diberikan pada suatu objek. Terkadang semua tool tidak bisa kita temukan, namun dengan klik kanan memberikan pilihan lain yang ternyata beberapa pilihan itu sering digunakan. Selain itu, dengan klik kanan kita dapat mengcopy sebuah objek dengan cepat yaitu dengan klik objek lalu geser dan klik kanan secara cepat. Maka secara otomatis objek akan tercopy.
3.    Scroll, penggunaan fungsi ini juga tidak kalah menarik. Fungsi scroll dapat memudahkan kita untuk menampilkan objek pada lembar kerja dengan memperbesar atau memperkecil.
4.    Klik tahan scroll, fungsi yang terkadang dilupakan atau diabaikan. Dimana fungsi ini ternyata ikut dalam perubahan pengembangan versi sebelumnya. Dimana fungsi sebelumnya, klik tahan scroll belum dapat bermanfaat atau belum berfungsi secara maksimal. Namun bekerja dengan Corel Draw X7 fungsi klik tahan scroll lebih bermanfaat, yaitu kita dapat memindah – mindah posisi objke agar lebih fokus, dalam artian objek tidak berpindah dari lembar kerja atau lebih jelasnya bahwa area kerja yang dapat di geser sesuai dengan keinginan kita.

Demikian beberapa penjelasan mengenai fungsi mouse bekerja dengan Corel Draw. Semoga bermanfaat, salam.





Posting Komentar

3 Komentar